HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan
Vol 7 No 2 (2021): Kesehatan Lingkungan

Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Nasabah Bank Sampah di Kelurahan Tamalabba Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar

Bambang Soeprijono (Bagian Corporate Social Responsibility, PT Pertamina Integrated Terminal Makassar MOR VII, Makassar)
Krisno Bimantoro (Bagian Corporate Social Responsibility, PT Pertamina Integrated Terminal Makassar MOR VII, Makassar)
Andi Ade Ulasaswini (Bagian Corporate Social Responsibility, PT Pertamina Integrated Terminal Makassar MOR VII, Makassar)
Syahrul Basri (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Munawir Amansyah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Habibi Habibi (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Undang-undang No. 18 tahun 2008 mengamanatkan kepada masyarakat untuk berperan serta dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan dengan menekan jumlah sampah. Salah satu cara yang selama ini dilakukan melalui Bank Sampah.  Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif observasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pengetahuan, sikap dan tindakan masyarakat sebagai nasabah bank sampah unut Hoki di kelurahan Tamalabba kecamatan ujung tanah kota Makassar program CSR PT. Pertamina Marketing Operation Region VII Sulawesi Selatan. Adapun subjek penelitian ini adalah nasabah bank sampah sebanyak 20 orang. Penentuan skala pengetahuan, sikap dan Tindakan subjek akan menggunakan skala likert berdasarkan jawaban dari pertanyaan. pengetahuan dan  sikap masyarakat/nasabah bank sampah HOKI Kelurahan Tamalabba Kecamatan Ujung tanah Kota Makassar menunjukkan hasil yang dominan pada kategori baik/sangat baik dan positif (95%). Adapun Tindakan yang baik/sangat baik berada di angka 65% dan masih terdapat 35% yang kurang dalam tindakannya sebagai nasabah bank sampah unit HOKI.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

higiene

Publisher

Subject

Environmental Science Public Health

Description

Higiene :Jurnal Kesehatan Lingkungan menerbitkan manuskrip tentang segala aspek kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan paparan dan dampak lingkungan, serta studi terkait toksikologi dan epidemiologi ...