Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 1 No 1 (2020): Juni

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Azryasalam Azryasalam (Sekolah Dasar Negeri 12 Batang Gasan)
Sonia Yulia Friska (Universitas Dharmas Indonesia)
Kelik Purwanto (Universitas Dharmas Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V sekolah Dasar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Batang Gasan. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 17 Batang Gasan sebagai kelas eksperimen yang siswanya berjumlah 22 orang dan siswa kelas V SDN 13 Batang Gasan sebagai kelas kontrol yang siswanya berjumlah 22 orang. Data dari hasil penelitian diperoleh dari angket minat dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunujukan bahwa terdapat pengaruh Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together terhadap minat dan hasil belajar IPS di kelas V SDN Gugus 1 Batang Gasan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...