Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 4, No 2 (2021): July

Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Labibah, Naila (Unknown)
Damayani, Aries Tika (Unknown)
Sary, Ryky Mandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita dan penyebab terjadinya kesalahan pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah berdasarkan teori Newan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi sol tes uraian, lembar wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima kesalahan dalam mengerjakan soal cerita materi pecahan yang dilakukan oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah. Lima kesalahan tersebut yaitu, yang pertama kesalahan membaca soal, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Adapun penyebab yang dilakukan siswa meliputi masih  kemampuan membaca simbol matematika siswa rendah, ketidaktelitian siswa, tidak dapat menggunakan logaritma dengan benar, tidak menguasai konsep pecahan, tidak paham dalam menentukan sistematika penyelesaian soal dan tidak terbisa menuliskan jawaban akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat lima kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Newman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...