RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 7, No 2 (2021)

Analisis Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Dan Persepsi Siswa Atas Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar

Nurdin, Nurdin (Universitas Indraprasta PGRI / ID Scopus 57224780027)
Purwosusanto, Hery (Universitas Indraprasta PGRI)
Djuhartono, Tjipto (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Penelitian survey ini dilakukan bertujuan untuk melihat seberapa besarnya pengaruh  kinerja guru dalam proses pembelajaran dan persepsi siswa atas lingkungan belajar. Lingkungan belajar yang baik membuat guru melaksanakan proses pembelajaran yang baik dan siswa dapat mengikuti pelajaran dengan sebaik-baiknya, sehingga hasil belajar siswa bisa dicapai dengan baik. Sampel Penelitian ini sebanyak 80 orang siswa di SMA Negeri 5 Tambun Bekasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal. Data dianalisis menggunakan korelasi regresi. Hasil penelitian membuktikan bahwa kinerja guru dalam proses pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi atau ilmu pengetahuan sosial. Begitu juga persepsi siswa atas lingkungan belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi atau ilmu pengetahuan sosial. Temuan juga menunjukkan bahwa kinerja guru dalam proses pembelajaran dan persepsi siswa atas lingkungan belajar secara bersama-sama mempunyai hubungan yang kuat terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi atau ilmu sosial

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...