Educational Guidance and Counseling Development Journal
Vol 4, No 2 (2021): EGCDJ

Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Pendekatan Konsep STIFIn untuk Menghadapi Perilaku Kapitalisme di Era Revolusi Industri 4.0

Hengki Yandri (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Eko Sujadi (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Dosi Juliawati (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0 mengharuskan siswa meng-upgrade keterampilan sesuai dengan bakat dan kecerdasan yang mereka miliki, sehingga siswa Sekolah Menengah Atas perlu dipersiapkan perencanaan karir mereka secara matang agar mampu bertahan dan bersaing menghasilkan karya dan produktivitas di era globalisasi dengan perilaku kapitalisme yang sudah akut. Salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan memetakan kecerdasan siswa sesuai dengan sistem operasional otak manusia yang terdiri dan kecerdasan sensing, thinking, intuiting, feeling, dan insting. Dengan pendekatan konsep STIFIn, potensi siswa diarahkan sesuai dengan mesin kecerdasannya dalam menentukan arah perencanaan karirnya sehingga mereka mampu menghasilkan karya dan produktivitas yang optimal

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EGCDJ

Publisher

Subject

Education

Description

Educational Guidance and Counseling Development Journal (EGCDJ) (E ISSN 2614-8358) (P ISSN 2615-3661) merupakan wadah untuk menampung berbagai artikel penelitian dan konsep pemikiran mutakhir tentang bimbingan konseling. Jurnal ini menjadi wadah bagi semua Tenaga Kependidikan, Ahli, Praktisi, dan ...