Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 4, No 2 (2021): Oktober

Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instruction Design Terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik di Sekolah Dasar

Yoyo Zakaria Ansori (Universitas Majalengka)
Wina Dwi Puspitasari (Universitas Majalengka)
Euis Ratnawati (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal ditemukan di SDN Majalengka Kulon VII bahwa kemampuan metakognitif peserta didik masih lemah, sehingga peserta didik kurang mampu menggali pengetahuan dari berbagai sumber akibatnya informasi yang diterima hanya bersumber dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Meaningful Instruction Design (MID) terhadap kemampuan metakognitif di SDN Majalengka Kulon VII. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimen dengan jenis one group pretest-posettest. Sampel yang terlibat dalam penelitian yaitu peserta didik kelas V SDN Majalengka Kulon VII yang berjumlah 22 orang dengan teknik pengambilan Nonprobality Sampling dengan jenis sampling jenuh. Berdasarkan hasil analisis angket pretest kemampuan metakognitif peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 54,77 sedangkan untuk angket posttest kemampuan metakognitif memperoleh rata-rata sebesar 80,45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Design (MID). Hal ini diperkuat dengan hasil analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruhnya dan diperoleh nilai Sig 0,000 > 0,05. Maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh signifikan yang nyata antara model pembelajaran meaningful instruction design (MID) terhadap kemampuan metakognitif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...