Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 4, No 2 (2021): Oktober 2021

MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PADA MUATAN IPS SD

Nur Halisah (Universitas Negeri Jakarta)
Arifin Maksum (Universitas Negeri Jakarta)
Prayuningtyas Angger Wardhani (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook dalam meningkatkan pemahaman konsep materi keberagaman budaya bangsaku pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Namun penelitian ini dilakukan hanya pada tahap pengembangan. Penilaian kelayakan media pembelajaran scrapbook  terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil kelayakan dari validasi para ahli yaitu 1) Validasi media memperoleh skor 62,6%; 2) Validasi materi memperoleh skor 63,1% 3) Validasi bahasa memperoleh skor 67,1%. Berdasarkan hasil validasi secara keseluruhan diperoleh skor 64,2% dengan kategori layak. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook untuk meningkatkan pemahaman konsep materi keberagaman budaya bangsaku pada muatan IPS dikelas IV Sekolah Dasar layak digunakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...