JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Analisis Pesan Moral pada Tayangan Animasi Riko The Series “Episode 1-10 Season 2” untuk Mengedukasi Anak-Anak (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Hazizah, Lutffieah (Unknown)
Fitriana, Ana (Unknown)
Lubis, Flori Mardiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis pesan moral dalam tayangan animasi Riko The Series episode 1-10 Season 2. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui makna denotasi pesan moral yang terkandung dalam tayangan animasi Riko The Series Season 2 Episode 1-10”. 2) Untuk mengetahui makna konotasi pesan moral yang terkandung dalam tayangan animasi “Riko The Series Season 2 Episode 1-10”. 3) Untuk mengetahui mitos pesan moral yang terkandungdalam tayangan animasi “Riko The Series Season 2 Episode 1-10”. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pendekatan kualitatif yang menghasilkan deskriptif dengan menggunakan pendekatan semiotika teori Roland Barthes. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi untuk mencari data penelitian melalui scene (script film, gambar, atau pun film) dari kartun animasi Riko The Series pada epiosode1-10 Season 2. Hasil penelitian ini dalam animasi Riko The Series episode “1-10 Season 2” adalah 1. Terkandung beberapa pesan-pesan moral didalamnya yang meliputi Bijaksana, Kepedulian, Tanggung jawab, Kebaikan, Tolong Menolong, Kerja Sama, Pantang Menyerah, Sabar, Berbakti Kepada Orangtua, Berdoa, dan Berani. 2. Terdapat beberapa makna pesan moral yang terkandung dalam animasi Riko The Series episode 1-10 Season 2, terbagi dari beberapa scene adegan, yang menggunakan model analisis teori semiotika Rolan Barthes dengan menggunakan konsep makna denotasi, makna konotasi dan mitos untuk mendapatkan makna pesan moral yang terdapat dalam animasi ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...