JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI NW Tanah Abro

Aini, Rokyal (Unknown)
Hadi, Yul Alfian (Unknown)
Hamdi, Zulfadli (Unknown)
Husni, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write (ttw) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI NW Tanah Abror Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran think talk write (ttw). Sebelum data di analisis, instrumen di uji validitas dan reabilitasnya. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan analisis hasil pretest dan posttest. Untuk uji normalitas data menggunakan chi-kuadrat, sedangkan teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-tes. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,0391 > 2,032. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu ada pengaruh signifikan pada penggunaan model pembelajaran think talk write (ttw) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI NW Tanah Abror Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...