JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Hubungan Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dan Kemampuan Manajemen Kelas Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Ma’rifah, Ma’rifah (Unknown)
Mulyanto, Mulyanto (Unknown)
Isfarudi, Isfarudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guru dan kemampuan manajemen kelas guru dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei yang bersifat deskriptif dan asosiatif korelasional. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan studi dokumentasi. Metode analisis data meliputi analisis deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guru dan kemampuan manajemen kelas guru secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dalam kategori hubungan yang sedang dengan nilai koefisien korelasi 0,438

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...