JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Penerapan Sistem Merit ASN untuk Mewujudkan Good Governance Pada Kabupaten Pasaman Barat

Roza, Nelfa (Unknown)
M, Sufyarma (Unknown)
Syahril, Syahril (Unknown)
Irsyad, Irsyad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui informasi tentang penerapan sistem merit ASN untuk mewujudkan good governance pada kabupaten Pasaman Barat. Penelitian dilakukan pada pemerintahan yang sudah mengarah pada penerapan sistem merit, peneliti memilih di kabupaten Pasaman Barat.Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang disebut analisis deskriptif yang menggunakan metode penelitian kualitatif.Metode analisis keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan sistem merit ASN pada kabupaten Pasaman Barat belum dilaksanakan dengan maksimal, 2) belum terwujud good governance pada pemerintahan kabupaten Pasaman Barat karena sistem merit ASN belum dilaksanakan dengan maksimal dan pemerintahan Pasaman Barat belum memenuhi prinsip good governance, 3) faktor penghambat dalam penerapan sistem merit ASN untuk mewujudkan good governance pada kabupaten Pasaman Barat adalah intervensi politik dan Covid-19, 4) faktor pendukung dalam penerapan sistem merit ASN untuk mewujudkan good governance pada kabupaten Pasaman Barat adalah komitmen pimpinan, ASN yang memenuhi kualitas dan Tambahan Penghasilan Pegawai, 5) solusi agar penerapan sistem merit ASN untuk mewujudkan good governance pada kabupaten Pasaman Barat dilaksanakan dengan maksimal yaitu ASN tidak terpengaruh oleh intervensi politik, pemimpin yang komitmen dalam menerapkan sistem merit ASN, dan memperbaiki kualitas sumber daya manusia aparatur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...