Anak usia dini merupakan kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik artinya memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan fisik koordinasi motorik kasar dan motorik halus, kecerdasan, (daya pikir, daya cipta), sosial emosional, bahasa dan komunikasi. Berbagai potensi yang dikembangkan pada anak usia dini, kemampuan sosial merupakan salah satu potensi yang sangat penting untuk di kembangkan agar memiliki kemampuan sosial yang baik sejak usia dini. Memperbaiki kemampuan sosial anak salah satunya yaitu dengan menerapkan metode bermain berbantu media Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial anak balita umur 4-5 tahun setelah melakukan Terapi Aktivitas Kelompok Bermain Cooperative Play Puzzle pada anak balita di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan instrument yang pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan uji Normalitas dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan sosial anak balita umur 4-5 tahun setelah dilakukan Terapi Aktivitas Kelompok Bermain Cooperative Play Puzzle di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata rata kemampuan sosial anak dari 9,00 menjadi 15,60 selisih rata rata 6,6 atau dengan kata lain tidak adanya penurunan atau pengurangan dari nilai Pre Ob ke nilai Post Ob Diharapkan penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh orang tua anak untuk meningkatkan kemampuan sosial anaknya melalui permainan Puzzle di masa pandemic covid 19.
Copyrights © 2021