Khazanah Pendidikan
Vol 15, No 2: September 2021

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER MASYARAKAT ADAT (Studi Kasus Masyarakat adat Desa Pekuncen)

Elly Hasan Sadeli (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Istiā€™anah Nurhabibah (Unknown)
Ratna Kartikawati (Unknown)
Arifin Muslim (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis implementasi nilai-nilai karakter masyarakat adat dan proses penanaman nilai-nilai karakter masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Adapun subjek di dalam penelitian ini adalah kepala desa Pekuncen, ketua adat, budayawan Banyumas, sejarawan Banyumas, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, tokoh masyarakat adat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, karakter masyarakat adat Pekuncen masih dipertahankan dan diimplementasikan melalui karakter religius yang merupakan sinkretisme antara ajaran agama Islam dan kepercayaan lokal (kejawen) dalam bentuk tradisi Unggah-Unggahan, karakter disiplin turut mewarnai tradisi masyarakat dengan bentuk kepatuhan pengikut Bonokeling pada ajaran dan norma yang berlaku, karakter kerjasama (gotong royong) yang diwujudkan dalam sikap saling membantu kegiatan sosial. Kedua, proses penanaman karakter dilakukan di lingkungan keluarga dan masyarakat melalui sifat keteladanan, sikap disiplin, pembiasaan dan upaya melestarikan adat istiadat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

khazanah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Khazanah Pendidikan menerbitkan hasil penelitian, pemikiran, dan kajian ilmiah atau kajian kritis-analitis di bidang pendidikan yang memberikan sumbangan pada pemahaman, pengembangan teori serta aplikasinya terhadap kondisi pendidikan di Indonesia baik dalam skala nasional maupun ...