Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021

Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Dengan Menggunakan Sigil Software Pada Materi Pembelajaran Fisika

Dwi Rahmawati (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Yuberti Yuberti (Universitas Islam Negeri raden Intan Lampung)
Syafrimen Syafrimen (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat para ahli, respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran e-modul dengan menggunakan sigil software pada materi pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model pengembangan Borg & Gall dan model ADDIE oleh Kurt yang telah dimodifikasi menjadi ISI-ARE oleh Agus Pahrudin and others meliputi investigate, strategy, improve, assessment, realization dan estimation. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian yang diberikan kepada para ahli dan angket yang diberikan kepada pendidik dan peserta didik. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penilaian terhadap media pembelajaran e-modul dengan menggunakan sigil software pada materi pembelajaran fisika mendapat kriteria sangat baik oleh ahli materi sebesar 87,61%, penilaian ahli media mendapat kriteria baik sebesar 71,90%, penilaian ahli agama mendapat kriteria sangat baik sebesar 85%, respon pendidik mendapat kriteria sangat baik sebesar 89,86%, dan respon peserta didik sebesar 86,35% untuk uji coba kelompok kecil serta uji coba lapangan sebesar 86,02%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran e-modul dengan menggunakan sigil software pada materi pembelajaran fisika dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...