Jurnal Digital Media dan Relationship
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Digital Media & Relationship

Pengaruh Kalimat “Twitter Please Do Your Magic” Terhadap Sikap Pengguna Twitter

Achmad Wildan Kurniawan (Unknown)
Zikri Fachrul Nurhadi (Universitas Garut)
Heri Hendrawan (Universitas Garut)
Raudya Putri Damayanti (Universitas Garut)
Dasrun Hidayat (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ramainya cuitan “Twitter Please Do Your Magic” di media sosial Twitter yang mampu mengundang ribuan komentar, retweet/like, dan bahkan dapat berakhir dengan menggerakkan massa secara nyata untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh kalimat “Twitter Please Do Your Magic” terhadap sikap pengguna Twitter di kalangan mahasiswa perguruan tinggi di Garut yang meliputi aspek perubahan kognisi, afeksi, dan konasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas untuk meneliti hubungan antar variabel dan menguji hipotesis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa perguruan tinggi di Garut sebanyak 96 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kalimat “Twitter Please Do Your Magic” terhadap sikap pengguna Twitter adalah signifikan baik pada aspek kognisi, afeksi, dan konasi. Maka, besar pengaruh kalimat “Twitter Please Do Your Magic” terhadap perubahan kognisi sebesar 38,07%, afeksi sebesar 36,12%, dan konasi sebesar 20,8%. Kesimpulan, bahwa kalimat “Twitter Please Do Your Magic” berisi informasi yang menarik dan adanya kecenderungan penilaian responden yang sebagian besar menerima dan mempercayai informasi dari kalimat “Twitter Please Do Your Magic” tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jdigital

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Digital Media & Relations memfokuskan pada tulisan-tulisan yang memuat penelitian dan pemikiran kekinian di bidang Ilmu Komunikasi dalam berbagai sudut pandang / perspektif termasuk: 1. Media Baru dan Teknologi Komunikasi 2. Media dan Jurnalisme 3. Komunikasi Terapan 4. Hubungan Masyarakat 5. ...