Business and Accounting Education Journal
Vol 1 No 2 (2020): Business and Accounting Education Journal

PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI SMK

Wibowo, Rizal Eko (Unknown)
Santoso, Jarot Tri Bowo (Unknown)
Widiyanto, Widiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh prakerin, prestasi belajar di sekolah, dan motivasi memasuki kerja terhadap kesiapan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Palebon Semarang. Jumlah populasi dari penelitian sebanyak 283 siswa dan sampel 166 siswa yang dihitung berdasarkan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, analisis uji hipotesis, dan analisis deskriptif persentase dengan menggunakan bantuan program SPSS for Windows Release 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 30,773 + 0435X1 + 0,414X2 + 0,2147X3 + e. Secara simultan prakerin, prestasi belajar di sekolah, dan motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 50,9%. Sedangkan secara parsial untuk prakerin (praktik kerja industri) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 40,83%, prestasi belajar di sekolah berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 2,75%, dan motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 2,72%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

BAEJ- Business and Accounting Education Journal adalah jurnal ilmiah dari hasil penelitian dan atau kajian pustaka dalam bidang ilmu Bisnis, kewirausahaan, administrasi perkantoran, Pendidikan Administrasi Perkantoran dan pendidikan akuntansi maupun bidang ilmu akuntansi dengan fokus dan ruang ...