Proceeding Biology Education Conference
Vol 10, No 1 (2013): Seminar Nasional X Pendidikan Biologi

DESAIN PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR MELALUI LESSON STUDY

Siti Alimah (Unknown)
Herawati Susilo (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2013

Abstract

Belajar biologi adalah belajar tentang fenomena yang ada dan terjadi di alam sekitar melalui aktivitas kegiatan ilmiah oleh peserta didik, sehingga cara belajar biologi yang tepat adalah dengan pembelajaran aktif dan kontekstual. Pembelajaran aktif dan kontekstual dapat didesain oleh guru sebagai orang yang bertanggung jawab dalam proses pembelajaran peserta didik dengan menerapkan teori dan prinsip pembelajaran aktif dan kontekstual. Model pembelajaran  Experiential  Jelajah Alam Sekitar  (EJAS) merupakan salah satu model pembelajaran aktif dan kontekstual yang dapat digunakan sebagai  pedoman untuk mendesain pembelajaran di kelas oleh peserta didik karena model pembelajaran EJAS merupakan model pembelajaran biologi yang memberikan pengalaman langsung pada proses belajar peserta didik dan mengembangkan potensi keterampilan dan sikap yang dimiliki mereka melalui proses pembelajaran. Guru perlu berkolaborasi dengan rekan seprofesi dalam satu bidang studi melalui kegiatan  lesson study  untuk mendapatkan desain pembelajaran yang efektif dan efisien untuk memudahkan belajar peserta didik dalam mendapatkan pengetahuan dan pengembangan skill untuk menghadapi dan mensikapi perubahan masa depan.  Kata Kunci: Desain Pembelajaran Biologi, Lesson Study, Model Experiential Jelajah Alam Sekitar

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

prosbi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Proceeding Biology Education Conference was published since 2003, with title Prosiding Seminar Nasional Biologi. The early number of the journal were published ...