Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2021): February

PENGARUH MODEL PROYEK RESPON KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VI SD SWASTA PAB 15 KLAMBIR LIMA

Hadi Widodo (STKIP Amal Bakti)
Siti Ardiana (STKIP Amal Bakti)
Dewi Purnama Sari (STKIP Amal Bakti)
Intan Tri Wahyudi Siregar (STKIP Amal Bakti)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model proyek respon kreatif terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas VI. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 35 siswa setiap kelasnya, Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama dengan menerapkan model pembelajaran proyek respon kreatif memiliki nilai rata-rata pretest 41,13 dan nilai rata-rata postest adalah 68,38. Kemampuan menulis naskah drama dengan menerapkan strategi pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata pretes 40,38 dan nilai rata-rata postes 62,63. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji t dua pihak diperoleh thitung = 0,110 < ttabel = 1,994. Untuk melihat adanya pengaruh maka digunakan uji t satu pihak dan diperoleh thitung = 2,484 > ttabel = 1,994, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran proyek respon kreatif terhadap kemampuan menulis naskah drama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...