Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat membantu pendidik menciptakan media pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pada masa pandemi COVID-19. Dalam menentukan media pembelajaran ini, pendidik membutuhkan kompetensi dan wawasan yang cukup. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa teknik tes yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pada belajar matematika subbab trigonometri melalui hasil belajar subjek. Penelitian ini menggunakan dua tes yaitu pre-test dan post-test melalui media Google Form dan Quizizz dengan infografis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Suka. Data penelitian ini adalah tabel yang berisi nilai siswa dengan rentang yang ditentukan berdasarkan nilai pre-test dan post-test. Dari data tersebut, kemudian dibandingkan antara hasil tes menggunakan Google Form dan Quizizz yang disertai infografis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Quizizz dengan infografis berhasil diterapkan pada pembelajaran trigonometri. Melalui infografis siswa lebih tertarik untuk mempelajari materi, menghafal rumus-rumus trigonometri, dan meningkatkan daya ingat siswa terhadap rumus matematika yang disertai ilustrasi gambar.
Copyrights © 2020