ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan cara mengajar guru terhadap minat belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 46 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap. Prestasi Belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Manado sebesar 86% dengan jumlah thitung> ttabel = 16,7108 > 2,01537. Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Manado sebesar 40% dengan jumlah thitung > ttabel = 5,4332 > 2,01537. Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado sebesar 87% dengan jumlah fhitung 103,376 > ftabel = > 3,214.
Copyrights © 2021