Jurnal Pendidikan Anak
Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Anak

Implementasi Pembelajaran Seni Rupa PAUD di Masa Pandemi Covid-19

Prayitno Prayitno (Universitas Negeri Yogyakarta)
Amir Syamsudin (Universitas Negeri Yogyakarta)
Joko Pamungkas (Universitas Negeri Yogyakarta)
Harun Harun (Universitas Negeri Yogyakarta)
Sudaryanti Sudaryanti (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Masa pandemi Covid-19 membuat pembelajaran seni rupa di lembaga PAUD dilakukan secara daring atau jarak jauh. Fokus penelitian ini yaitu Implementasi pembelajaran seni rupa PAUD di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran implementasi pembelajaran seni rupa di Lembaga PAUD di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dengan cara self-assessment. Subjek penelitian ini sebanyak 66 orang guru di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, kemudian menyajikan data dalam bentuk grafik dan penjelasan naratifnya. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa pembelajaran seni rupa yang paling banyak diterapkan oleh guru TK selama pandemi ini adalah kegiatan menggambar dan mewarnai yaitu 64 responden atau sekitar 97% dari 66 responden, dibandingkan dengan melukis, membatik, menganyam, kolase, montase, dan mozaik. Alasan utama menerapkan kegiatan menggambar dan mewarnai adalah karena alat dan bahan mudah didapat, serta anak dapat mengerjakan secara mandiri tanpa bantuan orang tuanya.

Copyrights © 2021