Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan

IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM PADA STUDI KELAYAKAN BISNIS MAHASISWA IKIP PGRI BOJONEGORO

Fifi Zuhriah (Unknown)
Mia Nur Fadhillah (Unknown)
Anita Dewi Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan desktiptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi Google Classroom pada mata kuliah studi kelayakan bisnis di IKIP PGRI Bojonegoro. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi tingkat II Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial di IKIP PGRI Bojonegoro tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 32 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian proses pembelajaran studi kelayakan bisnis dengan menggunakan aplikasi Google Classroom di masa pandemi covid-19 teridiri tiga kegiatan yaitu pembuka, inti, penutup. Meski teramati kegiatan pembuka, inti dan penutup di aplikasi Google Classroom tampak samar namun setiap kegiatan sudah terlaksanakan dan tujuan pembelajaran telah tercapai. Aplikasi Google Classroom dapat diterima mahasiswa dalam pembelajaran daring selain itu performa Google Classroom juga optimal dan memudahkan kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Google Classroom, implementasi, proses pembelajaran, respon Abstract This research is a qualitative research using a qualitative descriptive approach.This study aims to describe the implementation of the Google Classroom application in the business feasibility study course at IKIP PGRI Bojonegoro. The population in this study were students of Economic Education level II, Faculty of Social Education at IKIP PGRI Bojonegoro for the academic year 2020/2021 with a total of 32 students. Collecting data using the method of observation, interviews, documentation. Based on the research results of the learning process of a business feasibility study using the Google Classroom application during the covid-19 pandemic consists of three activities, namely opening activities, core activities, and closing activities. But in reality, the opening, core and closing activities in the Google Classroom application seem vague, but each activity has been carried out and the learning objectives have been achieved. The Google Classroom application can be accepted by students in online learning, besides that, the performance of Google Classroom is also optimal and makes learning activities easier. Keywords: Google Classroom, implementation, learning process, response

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian ...