Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi

DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE FORM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA UNTUK MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 02 BOMBANA

Setiadin, Andi Nirma (Unknown)
Ahiri, Jafar (Unknown)
Halim, Muliha (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan google form 2) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar ekonomi siswa sebelum dan sesudah menggunakan google form. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis yang digunakan yaitu Data yang diperoleh dianalisis terlebih dahulu dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu digunakan untuk mendeskripsikan nilai yang diperoleh dikelas dalam bentuk nilai rata-rata, nilai maksimum, nilai minimum dan standar deviasi. Yang dianalisis dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media google form dan perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media google form. Dari hasil analisis data di proleh kesimpulan bahwa: 1) Hasil belajar ekonomi siswa pada pembelajaran dengan menggunakan media google form memiliki peningkatan. Pada Siklus I hasil pembelajar memiliki nilai rata-rata sebesar 49,2. Dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,2. 2) Perbedaan hasil belajar ekonomi siswa sebelum dan sesudah menggunkan media google form memiliki peningkatan nilai yang signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JOPSPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan, Ekonomi, Ekonomi Koperasi, Geografi Ekonomi, Ilmu Ekonomi, ...