Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 4 No 1 (2021): Januari 2021

ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH TERHADAP PELAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN APARAT DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DANA DESA (Study di Desa Ntoke Kecamatan Wera Kabupaten Bima)

Hariatih Hariatih (Unknown)
Sukardi Sukardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui laporan pertanggung jawaban keuangan Desa Ntoke sesuai prosedur standar akuntansi pemerintah; dan (2) prosedur pelaporan pemerintah Desa Ntoke dalam menyajikan laporan keuangannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian terdiri dari primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara yang dilakukan secara langsung kepada pihak-pihak yang bersangkutan dalam pengelolaan dana desa, yakni Kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa dan toko masyarakat. Sementara sumber data sekunder dokumen-dokumen bagian pemerintahan Desa Ntoke Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisis data dilakukan secara induktif berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan melalui hubungan tertentu untuk ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) untuk pelaksanaan prosedur penyajian laporan pertanggungjawaban keuangan desa, pemerintah Desa Ntoke menerapkan prosedur yang sesuai mekanisme sistem pelaporan keuangan dana desa yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Walaupun sampai saat ini masih ada kekurangan dari prosedur penyajian laporan pertanggungjawaban keuangan desa karena sistem yang dipakai tidak sesuai dengan standar akuntansi yang ada, namun pihak pemerintah desa berupaya melakukan dengan semaksimal mungkin dalam menerapkan prosedur yang sesuai dengan tuntutan pemerintah; dan (2) untuk penerapan standar akuntansi pemerintahan dalam pertanggungjawaban keuangan desa. Pelaporan dan pertanggungjawaban keuangannya belum menerapkan standar akuntansi pemerintahan, karena laporan keuangan untuk pertanggungjawaban yang dibuat oleh Desa Ntoke hanya dalam bentuk Laporan Realisasi Anggaran yang akan dilaporkan setiap tahun anggaran yang telah direalisasikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...