DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 7, No 1 (2021): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Analisis Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 02 Masbagik Utara

Qudsiah, Musabihatul (Unknown)
Alwi, Mijahamuddin (Unknown)
Hamdi, Zulfadli (Unknown)
Wati, Lidia (Unknown)
Fadilah, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 02 Masbagik Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis media pembelajaran bahasan Indonesia, mengetahui bagaimana minat membaca pada siswa, upaya yang digunakan untuk mengembangkan minat membaca, dan faktor pendukung dan penghambat minat membaca pada siswakelas V SDN 02 Masbagik Utara. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.Populasi penelitian ini adalah kelas V SDN 02 Masbagik Utara.Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Menarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah 6 Guru dan 6 Siswa kelas V SDN 02 Masbagik Utara.  Setelah dianalisis diketahui hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa berkurang dikarenakan beberapa faktor seperti faktor internal dan faktor eksternal siswa, Adanya media pembelajaran bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat membaca siswa menjadi lebih tinggi.

Copyrights © 2021