Penelitian ini berdasarkan permasalahan pembelajaran bahwa banyaknya warga belajar yang tidak dapat mengembangkan potensinya sesuai kebutuhan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan karakteristik kemandirian belajar yang dikembangkan pada warga belajar di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) dan mendeskripsikan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemandirian belajar warga belajar di KBQT.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari warga belajar dan pendamping. Informan pendukung pada penelitian ini yaitu pengelola. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif Miles-Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga belajar di KBQT memiliki karakteristik kemandirian belajar yaitu tidak tergantung kepada orang lain, menetapkan tujuan belajar, mendiagnosis kebutuhan belajar, memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab serta melakukan evaluasi diri. KBQT menerapkan strategi discovery learningdan strategi belajar mandiri yang dapat mengembangkan kemandirian belajar warga belajar.Â
Copyrights © 2016