Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis

PENGARUH PERCEIVED QUALITY, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALTY MELALUI SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN RUMAH MAKAN PADANG DI KECAMATAN RENGAT

Rezky Maulana (Universitas Riau)
Alvi Furwanti Alwie (Universitas Riau)
Sri Kartikowati (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

This study aims to analyze the effect of perceived quality and perceived value on loyalty through satisfaction as an intervening variable for Padang Restaurant consumers in Rengat District. The sample used in this study was 105 people spread over five Padang restaurants, namely the Simple Restaurant, Simpang Raya Restaurant, Fauzan Restaurant, Nanda Restaurant, and Ambo Restaurant. Data collection techniques using a questionnaire. Meanwhile, to analyze the data, the WarpPls program was used. The results showed that: 1) Perceived quality had a positive and significant effect on Satisfaction. 2) Perceived value has a positive and significant effect on Satisfaction. 3) Perceived Quality has a positive and significant effect on Loyalty, 4) Perceived value has a positive and significant effect on Loyalty, 5) Perceived value has a positive and significant effect on Loyalty, 6) Perceived value has a positive and significant effect on Consumer Loyalty through Satisfaction, 7) Satisfaction positive and significant effect on Loyalty on Padang Restaurant Consumers. This study recommends for restaurants to provide food and beverage products that have different characteristics and tastes than Nasi Padang stalls or other restaurants. Always pay attention to eating utensils to keep them neat and clean, and the most important thing is to replace damaged utensils. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Perceived Quality, dan Perceived Value terhadap Loyalty melalui Satisfaction sebagai variabel intervening pada konsumen Rumah Makan Padang Di Kecamatan Rengat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 105 orang yang tersebar di lima rumh makan padang, yaitu Rumah Makan Sederhana, Rumah Makan Simpang Raya, Rumah Makan Fauzan, Rumah Makan Nanda, Rumah Makan Ambo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Sementara itu, untuk menganalisis data, maka digunakan program WarpPls Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction. 2) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction. 3) Perceived Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalty, 4) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalty, 5) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalty, 6) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Satisfaction, 7) Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Loyalty pada Konsumen Rumah Makan Padang. Penelitian ini merekomendasikan bagi rumah makan untuk memberikan produk makanan dan minuman yang memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda dari pada warung nasi padang atau rumah makan lainnya. Selalu memperhatikan peralatan makan agar tetap terjaga rapih bersih, dan yang paling penting adalah mengganti peralatan yang rusak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KURS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis (p-issn: 2527-8223; e-issn: 2527-8215) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia Pekanbaru. Jurnal ini mempublikasikan artikel - artikel di bidang Akuntansi, ...