Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Gaya dan Gerak menggunakan Model Inkuiri, Intellectualy, Stick

Radiansyah (universitas lambung mangkurat)
Eka Oktaviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV semester genap SDN 1 Padang Luas Tanah Laut Kalimantan Selatan tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah peserta didik 13 orang yang terdiri dari 6 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Penelitian menunjukkan bahwa kualitas pendidik mengajar menggunakan model Inkuiri, Intellectualy, Stick mengalami perbaikan di setiap pertemuan dan memperoleh kriteria sangat baik. Perbaikan kualitas pendidik dalam mengajar berdampak baik pada peningkatan aktivitas peserta didik yang memperlihatkan peningkatan dari pertemuan I yang memperoleh kriteria kurang aktif, meningkat sehingga pada pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas peserta didik berdampak pula pada hasil belajar, sehingga hasil belajar peserta didik secara klasikal mulai pertemuan I memperoleh 31%, kemudian meningkat pada setiap pertemuan sehingga pada pertemuan IV mencapai 100%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pancar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to ...