Modul ekonomi mengacu pada pembelajaran berbasispendekatan saintifik. Pendekatan saintifik mempunyai kriteria prosespembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasikan dan mengomunikasikan. Modul dirancang untukbelajar secara mandiri oleh peserta didik. Hasil pra survei pada gurudan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Metro menunjukkan bahwabahan ajar yang digunakan adalah buku cetak. Penelitimengembangkan modul ekonomi berbasis pendekatan saintifik yangvalid, praktis dan efektif digunakan oleh peserta didik. Pengembanganmodul ekonomi berbasis pendekatan saintifik ini menggunakan modelpengembangan 4-D, yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define(Pendefinisian), Design (Perancangan), Development(Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Hasil analisispenilaian ahli desain adalah 93% dengan kriteria sangat validdigunakan dan analisis penilaian ahli materi adalah 83% dengankriteria sangat valid. Uji coba kepraktisan produk oleh peserta didikadalah 86% dengan kriteria sangat praktis digunakan dan hasil teskeefektifan produk oleh peserta didik adalah 86% dengan kriteriasangat efektif digunakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwamodul ekonomi berbasis pendekatan saintifik adalah modul ekonomiyang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2020