Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 1 No 1 (2020): NOVEMBER

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mira Handayani (Universitas Muhammadiyah Metro)
Triani Ratnawuri (Universitas Muhammadiyah Metro)
Yesi Budiarti (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Inside Outside Circlemerupakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswabertukar informasi pada waktu yang bersamaan sehingga siswa dapatberpikir kritis dan meningkatkan keterampilan berkomunikasiterhadap hasil belajarnya, dengan menerapkan model inside outsidecircle di dalam kelas pada saat pembelajaran. Proses tersebuttentunya akan membuat siswa menghasilkan ilmu yang bermakna.Adapun permasalahan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti,“Masih banyak siswa yang belum mengalami ketuntasan belajarterhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMANegeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Dari permasalahantersebut maka rumusan masalah “adakah pengaruh pembelajarankooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar ekonomisiswa kelas X SMA Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasilbelajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 3 Metrotahun pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalahsebagai berikut: “Ada pengaruh penggunaan model pembelajarankooperatif tipe inside outside circle terhadap tahun ajaran 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian semu (QuasiEksperimental), dengan bentuk desain eksperimental yaitu bentukNon-Equivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitianyang dilakukan hipotesis diterima, karena nilai thitung> ttabel dapatdilihat pada lampiran daftar G pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,18>1,70. Siswa yang dinyatakan tuntas KKM sebanyak 4 siswa denganpersentase 12,5%. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwamodel pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle memilikipengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMANegeri 3 Metro tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...