Technologia: Jurnal Ilmiah
Vol 13, No 1 (2022): Technologia (Januari)

IMPLEMENTASI KONSEP FINITE STATE AUTOMATA PADA DESAIN GAME EDUKASI JENIS HEWAN

Muji Ernawati (Universitas Nusa Mandiri)
Windu Gata (Universitas Nusa Mandiri)
Eni Heni Hermaliani (Universitas Nusa Mandiri)
Laela Kurniawati (Universitas Nusa Mandiri)
Sri Rahayu (Universitas Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Golden periode merupakan periode keemasan perkembangan otak anak usia dini antara 3-6 tahun dimana pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik ataupun mental yang tercepat. Pemahaman seorang anak di usia itu pada dasarnya terbatas pada pemahaman nama-nama hewan yang tidak tahu dari spesies mana mereka berasal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain aplikasi permaian edukasi jenis hewan dengan nama“Animals Kind” membantu anak usia dini memahami berbagai jenis hewan dengan sistem belajar yang lebih menarik dengan menerapkan konsep Finite State Automata (FSA). Finite State Automata merupakan mesin automata yang digunakan untuk menjelaskan alur sebuah program. Jenis FSA yang digunakan adalah Deterministic Finite Automata. Tahapan penelitian ini terdiri dari Perancangan FSA, Pengujian FSA dan Desain Aplikasi Permainan Edukasi “Animals Kids”. Tahap perancangan dan pengujian FSA dilakukan dengan menggunakan aplikasi Jflab, sedangkan untuk tahap desain aplikasi menggunakan aplikasi Figma. Hasil dari penelitian ini merupakan rancangan desain antarmuka yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan di penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun ...