Belanja online adalah sebuah proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui media berupa situs-situsjual beli online ataupun jejaring sosial yang menyediakan barang atau jasa. Perilaku pembelian tidakterencana dipengaruhi oleh Shopping Lifestyle yang terdiri dari setiap tawaran iklan mengenai produkfashiondanHedonic Shopping yang tercipta dengan adanya gairah berbelanja seseorang yang mudahterpengaruh model terbaru dan berbelanja menjadi gaya hidup seseorang untuk memenuhi kebutuhansehari- hari. Impulse buying atau pembelian tidak terencana ini merupakan fenomena yang harusdiciptakan untuk bisa dijadikan peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualannya. Tujuandari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh shopping Lifestyle dan hedonic shopping terhadappembelian tak terencana (impulse buying) pada mahasiswa FEB UM Metro yang berbelanja dipasaronline media sosial instagram. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlahsampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shoppinglifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, hedonic shopping berpengaruhpositif dan signifikan terhadap impulse buying, shopping lifestyle dan hedonic shopping secarabersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada mahasiswa FEB UMMetro yang berbelanja online di media social Instagram.
Copyrights © 2021