Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Media Kotak Nusantara Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Desi Maharani (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Abdul Aziz Hunaifi (Univerisitas Nusantara PGRI Kediri)
Frans Aditia Wiguna (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di SDN Lirboyo 1 Kota Kediri yang menunjukkan belum adanya pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran PPKn materi keberagaman suku bangsa sehingga media yang digunakan bersifat monoton dan hanya buku guru dan buku siswa. Oleh karena itu dibutuhkan solusi berupa pengembangan media pembelajaran yang inovatif yang mampu memotivasi siswa untuk belajar. Dari analisis kinerja perlu dikembangkan media pembelajaran visual tiga dimensi pada pelajaran PPKn materi keberagaman suku bangsa yang diberi nama Media Kotak Nusantara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media, materi, respon dari guru dan siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangkan dengan konsep ADDIE. Produk media pembalajaran visual tiga dimensi pada materi keberagaman suku bangsa setelah melakukan validasi ahli media dan ahli materi, hasilnya memenuhi kriteria kevalidan media berdasarkan tabel kriteria kevalidan. Diperoleh data hasil validasi media jika persentase 81% - 100% termasuk dalam kriteria sangat valid dan sangat baik digunakan, sedangkan analisis data validasi ahli media menunjukkan 96%, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak nusantara sangat baik digunakan. Sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 92%, jadi disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh persentase 94% yang menunjukkan bahwa pada media praktis untuk digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...