Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scramble Didukung Media Kartu UPS (UNO IPS) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV SDN Karangturi 1

Titah Meytika (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Ilmawati Fahmi Imron (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Muhamad Basori (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN Karangturi 1 bahwa pembelajaran IPS di SD kurang diminati oleh siswa karena cara mengajar guru yang masih monoton dan dalam pengajaran tidak melibatkan siswa sehingga berakibat siswa malas dan bosan mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut nampak dari minat belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Oleh karena itu dibutuhkan solusi penerapan model pembelajaran scramble yang didukung dengan penggunaan media kartu uno IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran yang didukung media terhadap minat dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitaif dan menggunakan metode eksperimen semu. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25. Teknik pengambilan sampel adalah Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa soal tes pilihan ganda, lembar observasi siswa, dan angket. Diperoleh data pada kelas eskperimen 3,307 yang artinya siswa berminat dan memperoleh hasil belajar dengan nilai sig. 0,012. Sementara pada kelas kontrol terdapat nilai sebesar 2,16 yang artinya siswa juga berminat dan memperoleh hasil belajar dengan nilai sig. 0,001.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...