Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2021): November

KEMAMPUAN BERPIKIR KUALITATIF SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) PADA TOPIK ALJABAR

Bernika Indrialis Ifana (Sriwijaya University)
Nyimas Aisyah (Unknown)
Weni Dwi Pratiwi (Unknown)
Elika Kurniadi (Unknown)
Jeri Araiku (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Aljabar merupakan salah satu topik pembelajaKemampuan Berpikir Kualitatif Siswa SMA Melalui Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) Pada Topik Aljabarran dalam matematika yang penting karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, dalam mempelajari aljabar masih terdapat kesulitan terutama pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Kesulitan yang masih sering terjadi yaitu mengubah permasalahan kedalam bentuk matematika, belum memahami konsep SPLTV bahkan masih ada kekeliruan dalam perhitungan aljabar. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemunculan indikator kemampuan berpikir kualitatif peserta didik melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada topik Aljabar materi SPLTV. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas X MIPA Olimpiade SMA Muhammadiyah 1 Palembang sebanyak 26 peserta didik dengan fokus subjeknya 6 peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah dipilih secara purposive sampling. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis dengan tujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kualitatif siswa, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil data yang telah didapatkan akan dianalisis dengan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa indikator kemampuan berpikir kualitatif siswa melalui pendekatan RMT pada topik aljabar yang banyak dilakukan dengan baik yaitu pelabelan, pencarian secara sistematis untuk mengumpulkan dan melengkapi informasi, perbandingan, penggunaan lebih dari satu sumber, penyandaian dan pemecahan kode. Sedangkan, untuk indikator visualisasi peserta didik sudah memberikan bentuk visualnya tetapi masih belum tepat untuk penentuan panjang dari setiap sisi bangun tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lenterasriwijaya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Sarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya. Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian ...