Didaktis: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 1 (2019): DIDAKTIS 4: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2019

Pembinaan Karakter Siswa SD Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Memanah: Studi Kasus di SD IT Banten Islamic School

Firman Robiansyah (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)
Budhi Tristyanto (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)
Fitri Alfarisa (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)
Anggun Murdaningsih (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)
Aulia Hijratunnisa (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendesikripsikan proses kegiatan memanah di SDIT Banten Islamic School sekaligus menganalisis nilai-nilai karakter apa saja yang termuat dalam kegiatan memanah, serta implikasi kegiatan memanah tersebut terhadap pembinaan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif tipe studi kasus. Penelitian dilakukan dengan cara meneliti suatu objek dengan maksud untuk menginterpretasi, mendeskripsikan atau menjelaskan suatu objek atau sebuah keadaan sesuai dengan keadaan di lapangan secara apa adanya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Banten Islamic School. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang terkumpul peneliti analisis dengan cara mereduksi data, display data dan pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara serta angket yang dilakukan oleh peneliti, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Meski masih ada beberapa kekurangan, pelaksanaan kegiatan memanah di SDIT Banten Islamic School peneliti nilai sudah berjalan dengan baik sesuai program sekolah. (2) Nilai-nilai karakter yang bisa dibina melalui kegitan memanah antara lain karakter sabar, percaya diri, fokus dan berani. (3) Pelaksanaan kegiatan memanah di SDIT Banten Islamic School memiliki implikasi yang cukup signifikan terhadap pembinaan karakter siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil respon tepat siswa sebesar 87%. Oleh karenanya, kegiatan ekstakurikuler memanah ini sangat direkomendasikan untuk sekolah lainnya agar bisa memanfaatkannya sebagai salah satu upaya pembinaan karakter siswa-siswanya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

semnaspendas

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang merupakan seminar rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Seminar ini merupakan wadah transfer pengetahuan dan pengalaman pada ...