JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Upaya Guru Menanamkan Kecerdasan Interpersonal Siswa dalam Pembelajaran dari Rumah di Tengah Kasus Covid-19

Tri Aninda, Cindy Aprilia (Unknown)
Setiawan, Fajar (Unknown)
Ayu Afiani, Kunti Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru menanamkan kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran belajar dari rumah ditengah kasus covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kalitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Subjek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah SD Negeri Kalijudan 1/239 Surabaya. Data berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru menanamkan kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran belajar dari rumah ditengah kasus covid-19 memiliki beberapa upaya dan strategi seperti melakukakan penguasaan kelas, pendekatan terhadap siswa, dan pemberian motivasi sebelum melakukan pembelajaran BDR. Tidak hanya itu strategi-strategi pembelajaran seperti diskusi, tanya jawab dan demontrasi juga dilakukan sebagai upaya guru dalam menanamkan kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran belajar dari rumah ditengah kasus covid-19. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam menanamkan kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran belajar dari rumah ditengah kasus covid-19 memiliki beberapa upaya dan strategi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...