Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Saat Pembelajaran Daring

Nastiti Kusumaningtyas (Universitas Negeri Malang)
I Nengah Parta (Universitas Negeri Malang)
Hery Susanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam memecahkan masalah segiempat pada saat pembelajaran dilakukan secara daring. Penelitian diikuti oleh 20 siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Kencong. Selanjutnya dipilih 6 sampel yang terdiri dari 6 subjek yaitu dua subjek yang mememiliki kemampuan matematis tinggi, dua subjek yang mempunyai kemampuan matematis sedang, serta dua subjek yang mempunyai kemamuan matematis rendah untuk kemudian dilakukan wawancara secara daring menggunakan aplikasi Whatssapp. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes pemecahan masalah matematika segiempat dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi juga memiliki kemampuan penalaran matematis yang tinggi. Subjek yang memiliki kemampuan matematika sedang juga memiliki kemamuan penalaran matematis sedang. Siswa dengan kemampuan matematika rendah juga memiliki kemampuan penalaran matematis rendah. Selain itu, siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi bisa memberikan lebih dari satu jawaban dalam memecahkan masalah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...