Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Proses Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Tahapan Mason Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient

Novi Nurhayati (Universitas Negeri Malang)
Subanji Subanji (Universitas Negeri Malang)
Swasono Rahardjo (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah matematika sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan tahapan Mason ditinjau dari tipe adversity quotient (AQ). Penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan data berdasarkan angket Adversity Response Profile (ARP) dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kota Bima pada 119 siswa kelas IX. Penelitian yang dipilih dalam penelitian ini mempertimbangkan siswa yang memiliki tingkat AQ tinggi (climber), AQ sedang (camper) dan AQ rendah (quitter) berdasarkan angket ARP. Instrument yang digunakan adalah angket, lembar tes dan wawancara. Untuk mendeskripsikan secara kualitatif maka diambil 6 siswa yang diambil masing-masing 2 siswa berdasarkan setiap kategori Adversity Quotient dengan rekomendasi guru dan kesediaan siswa menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pemecahan masalah siswa berdasarkan tahapan Mason, dimana siswa dapat memenuhi semua tahapan Mason: entry, attack, dan review. Untuk siswa camper hanya memenuhi tahapan entry dan attack saja. Sedangkan siswa quitter belum mampu memenuhi semua aspek entry, attack, dan review.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...