Jurnal Basicedu
Vol 6, No 1 (2022): February, Pages 1-1500

Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar

Kartika Dwi Ningrum (Universitas Negeri Jakarta)
Erry Utomo (Universitas Negeri Jakarta)
Arita Marini (Universitas Negeri Jakarta)
Bramianto Setiawan (Universitas PGRI Adi Buana)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik elektronik sistem peredaran darah manusia yang terintegrasi augmented reality dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang menghasilkan media pembelajaran menarik minat belajar. Kemudian produk diuji coba dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dalam bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Validasi produk melibatkan ahli materi, bahasa, media serta validasi kelayakan produk. Uji keterbacaan peserta didik melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Subyek penelitian yaitu kelas V SDN Manggarai 09 Jakarta Selatan yang terbagi dalam dua sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media komik elektronik sistem peredaran darah terintegrasi augmented reality dapat meningkatkan minat belajar siswa. Implikasi studi ini untuk praktik pembelajaran sistem peredaran darah manusia dengan pemanfaatan media komik elektronik yang terintegrasi augmented reality untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...