Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Mugarsari Kota Tasikmalaya” bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa SD di Mugarsari. Sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mugarsari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan model penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk obyektif, dilakukan dengan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimenyang menggunakan media video lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan media video. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 diperoleh nilai thitung = 2.127 dan t tabel = 2.034 dengan tingkat signifikan (α = 0.05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut.
Copyrights © 2020