Jurnal METAEDUKASI
Vol 2, No 2 (2020): Metaedukasi

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SIKLUS HIDUP HEWAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS IV SDN MUGARSARI

Sovia Elsani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Akhmad Nugraha (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yusuf Suryana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Mugarsari Kota Tasikmalaya” bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa SD di Mugarsari. Sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mugarsari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan model penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk obyektif, dilakukan dengan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimenyang menggunakan media video lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan media video. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 diperoleh nilai thitung = 2.127 dan t tabel = 2.034 dengan tingkat signifikan (α = 0.05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

metaedukasi

Publisher

Subject

Education Transportation Other

Description

Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian pendidikan mencakup Evaluasi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Media ...