Jurnal Kreativitas PKM
Vol 5, No 2 (2022): Volume 5 No 2 Februari 2022

Kampanye Dalam Rangka Hari Kesehatan Telinga dan Penfengaran Nasional Guna Meningkatkan Awareness Pada Masyarakat Terhadap Pemeriksaan Pendengaran Sejak Dini

Andi Roesbiantoro (Department of public health, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, 60237, East Java, Indonesia)
Budhi Setianto (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Difran Nobel Bistara (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Lono Wijayanti (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Akas Yekti Pulih Asih (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

ABSTRAK World Health Organization (WHO)  menjelaskan  466 Juta Orang mengalami gangguan pendengaran, Salah satu dampak gangguan pendengaran selain pada fungsi telinga, juga berdampak pada sosial, emosional dan ekonomi, karena tidak jarang orang yang memiliki gangguan pendengaran mendapat perlakukan kurang baik dari orang sekitar. Hari pendengaran sedunia yang di peringati pada Tanggal 03 Maret, merupakan salah satu wadah yang perlu dilestarikan untuk meningkatkan kesadaran terkait fungsi pendengaran. Kegiatan yang di lakukan dalam meningkatkatkan kesadaran tersebut adalah dengan melakukan kampanye dengan berbagai media baik off line dan online, dari kegiatan ini diharapkan masyarakat  lebih peduli terhadap kesehatan telinga. WHO telah menyiapkan platform media untuk memperingati  Hari pendengaran  Dunia dengan berbagai  materi menarik yang setiap tahunnya berganti, kegiatan ini penting untuk dilestarikan dan di peringati untuk membangun kesadaran masyarakatu untuk menjaga kesehatan telinga dan mencegah gangguan pendengaran secak dini Kata kunci: Kampanye,  Hari Pendengaran, Kesehatan Telinga  ABSTRACT Quoted from data submitted by the World Health Organization (WHO), it was found that 466 million people experienced hearing loss. less good than people around. World hearing day which is commemorated on March 3, is one of the places that need to be preserved to raise awareness regarding hearing function. Activities carried out in increasing awareness are by conducting campaigns with various media both off line and online, from this activity it is hoped that the public will be more concerned about ear health. WHO has prepared a media platform to commemorate World Hearing Day with a variety of interesting materials that change every year, this activity is important to be preserved and to be commemorated to build public awareness to maintain ear health and prevent early hearing loss. Keywords: Campaign, Hearing Day, Ear Health

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kreativitas

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengaplikasian hasil penelitian dan ilmu-ilmu di bidang kesehatan yang dilakukan pada masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada ...