JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 7 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Implementasi E-Learning di Madrasah Aliyah Kabupaten Subang

Nurdiyannah, Lina (Unknown)
Syaodih, Cahya (Unknown)
Helmawati, Helmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran implementasi e-learning di MA Kabupaten Subang, yang secara khusus mengetahui pengetahuan, pelaksanaan, evaluasi, kendala dan solusinya, Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, studi deskriptif di MAN 1 Subang dan MAN 2 Subang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, Hasil penelitian menunjukan guru sudah memiliki pengetahuan mengenai TIK dan kelengkapan e-learning madrasah, selain itu penelitian ini secara umum menunjukan implementasi e-learning di Madrasah Aliyah Kabupaten Subang sudah dilaksanakan dengan baik namun guru belum memaksimalkan penggunaan fitur-fiturnya dalam pembelajaran. Sebagian besar guru sudah memiliki pengetahuan dan melaksanakan tahapan impelementasi sesuai dengan panduan penggunaan e-learning madrasah, dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa guru cukup sering dibantu oleh apikasi lain selain menggunakan fitur evaluasi dalam e-learning madrasah sehingga berimplikasi pada penggunaan e-learning madrasah sebagai suplemen (tambahan), komplemen (pelengkap), dan substitusi (pengganti) dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...