Surya Abdimas
Vol. 6 No. 1 (2022)

Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru PAUD

Tusino Tusino (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Titi Rokhayati (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Basuki Basuki (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Permasalahan penguasaan teknologi dan lemahnya kompetensi bahasa Inggris sering dialami oleh guru pendidikan anak usia dini (PAUD). Hal ini dikarenakan sebagian besar guru PAUD bukan lulusan bahasa Inggris dan jarang menggunakan media digital dalam pembelajaran. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan pelatihan literasi digital untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom. Sebanyak 35 (tiga puluh lima) guru PAUD berpartisipasi dalam kegiatan ini. Untuk mengetahui ketercapaian program dan respon peserta, wawancara terstruktur dilakukan setelah sesi penyampaian materi dan diskusi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa peserta senang dan antusias mengikuti kegiatan pelatihan. Program PKM ini mampu memperkuat literasi digital dan meningkatan kompetensi guru dalam mengajarkan bahasa Inggris di tingkat PAUD. Pelatihan literasi digital lanjutan perlu diselenggarakan dengan menambah jumlah peserta yang berasal dari guru PAUD dan sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Surya Abdimas adalah jurnal yang mengkaji wahana pengembangan serta penerapan llmu Pengetahuan dan Teknologi kepada masyarakat secara luas sebagai bentuk publikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang mencakup konsep, model, dan implementasinya sebagai upaya peningkatan partisipasi ...