JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya
Vol 6, No 2 (2021): Desember

PROSES ABSTRAKSI REFLEKTIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN PIAGET

Nia Sutrisna (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Surya Amami Pramuditya (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Jajo Firman Raharjo (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Setiyani Setiyani (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Kemampuan abstraksi reflektif siswa merupakan suatu kemampuan yang menjelaskan alur berfikir siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, abstraksi reflektif sangat penting untuk mengembangkan kognitif seseorang saat mempelajari suatu konsep. Berdasarkan Piaget dalam mempelajari matematika yang bersifat abstrak, siswa melalui beberapa tahapan yaitu tahap konkret, semi konkret, dan abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses abstraksi siswa dalam menyelesaikan materi bangun ruang pada sub materi jarak titik ke titik, titik ke garis, dan titik ke bidang. Pendekatan yang digunakan yaitu dengan kualitatif dan subjek dalam penelitian ini peneliti mengambil satu orang siswa kelas X MIPA tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan memberikan soal tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melewati tahapan proses abstraksi yang dinyatakan oleh Piaget

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

silogisme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Silogisme : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, adalah sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unmuh Ponorogo) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Ponorogo. ...