JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP)
Vol. 2 No. 1 (2019): Jutikomp Volume 2 Nomor 1 April 2019

Implementasi Sistem Informasi Layanan Pariwisata Tripto Untuk Meningkatkan Pelayanan Pariwisata di Pulau Lombok: Tripto

Lalu Sulistiawan Akbar (STMIK Primakara)
Anak Agung Ayu Putri Ardyanti (STMIK Primakara)
Bagus Putu Wahyu Nirmala (STMIK Primakara)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Tripto adalah sebuah web-based-application yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pariwisata di Pulau Lombok melalui pendekatan konsep e-tourism yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan saat ini agar dapat menyajikan berbagai informasi terkait pariwisata dan informasi layanan jasa pariwisata. Pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan metode SDLC Waterfall. Aplikasi ini di kembangkan menggunakan bahasa skrip HTML5, CSS3, PHP, dan Javasript serta MySQL sebagai databasennya, dan untuk pengujian sistem menggunakan black box testing. Aplikasi ini dapat digunakan oleh 3 pengguna, yaitu admin, penyedia layanan dan wisatawan. Admin dapat mengelola penyedia layanan dan wisatawan. Penyedia layanan dapat mengelola detail informasi layanan pariwisata yang disampaikan, harga layanan jasa pariwisata, info destinasi dan aksi wisata daerah yang ditawarkan. Wisatawan dapat merencanakan dan menjadwalkan sendiri kegiatan pariwisata yang diinginkan. Keywords – Tripto, Lombok Tourism, e-tourism, SDLC waterfall, web based application

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JUTIKOMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JuTIKom PRIMA(Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima) adalah jurnal yang di fokuskan Terhadap bidang ilmu Teknologi dan Ilmu Komputer. Tujuan jurnal adalah untuk mengakomodir para dosen dan mahasiswa baik dalam lingkungan kampus Universitas Prima Indonesia maupun dari kampus berbeda jurnal ini ...