cover
Contact Name
Muhammad Khoiruddin Harahap
Contact Email
choir.harahap@yahoo.com
Phone
+6282165702948
Journal Mail Official
jutikomp@unprimdn.ac.id
Editorial Address
Gedung Universitas Prima Indonesia Fakutas Teknologi dan Ilmu Komputer Program Studi Teknik Informatika Jl. Sekip Simp.Sikambing, Sei Putih Tim. I, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP)
ISSN : 2621234X     EISSN : 2621234X     DOI : doi.org/10.34012
Core Subject : Science,
JuTIKom PRIMA(Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima) adalah jurnal yang di fokuskan Terhadap bidang ilmu Teknologi dan Ilmu Komputer. Tujuan jurnal adalah untuk mengakomodir para dosen dan mahasiswa baik dalam lingkungan kampus Universitas Prima Indonesia maupun dari kampus berbeda jurnal ini menerbitkan artikel berkualitas yang didedikasikan untuk semua perkembangan terbaru yang luar biasa di bidang teknik informatika. Ruang lingkupnya mencakup : Visi Komputer; Pembelajaran Mesin; Data Mining; Analisis Big Data; Pemrosesan Bahasa Alami, Sentimen Analisis, Sosial Media Analisis; Kecerdasan Robotik; Kecerdasan Buatan; Pemrosesan Gambar dan Pengenalan Pola; Keamanan Komputer; Interaksi Komputer Manusia; Intelijensi Bisnis
Articles 97 Documents
IMPLEMENTASI METODE TSUKAMOTO PADA ANALISIS PREDIKSI HASIL KELAPA SAWIT Mawaddah Harahap; Siska Yanti Nababan
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) Vol. 3 No. 1 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 1 April 2020
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jutikomp.v%vi%i.458

Abstract

Tanaman kelapa sawit merupakan tanaman yang banyak dikebunkan oleh perusahaan-perusahaan yang besar, baik pemerintahan maupun swasta. Perkebunan sawit merupakan salah satu sektor perkebunan unggul yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dari perkebunan dapat dihasilkan komuditi ekspor terbesar setelah subsektor pertambangan minyak dan gas serta kehutanan. Oleh karena itu tujuan dari pengembangan aplikasi ini yaitu untuk menghasilkan prediksi hasil kelapa sawit dari metode Fuzzy Inference System Tsukamoto. Logika Fuzzy adalah salah satu cabang ilmu kecerdasan buatan untuk membangun system cerdas. Logika Fuzzy sering digunakan dalam pemecahan masalah yang menjelaskan system bukan melalui angka-angka, melainkan secara linguistik atau variabel-variabel yang mengandung ketidakpastian/ketidaktegasan. Penelitian ini menggunakan Fuzzy Inference System Tsukamoto untuk memprediksi hasil kelapa sawit. Setelah melakukan pengujian menggunakan metode tsukamoto maka mendapatkan hasil akurasi tertinggi 97,58% dan akurasi terendah adalah 11,72%.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI DI MADRASAH ALIYAH 45 GIANYAR MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) Wahyudin Wahyudin; Andi Saryoko; Riska Riani
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) Vol. 3 No. 1 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 1 April 2020
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jutikomp.v%vi%i.675

Abstract

Lembaga pendidikan bisa dikatakan berhasil apabila telah menghasilkan siswa-siswi berprestasi pada bidangnya masing-masing, siswa–siswi yang berprestasi juga tidak luput dari peranan penting seorang guru. Oleh sebab itu guna meningkatkan semangat dalam proses belajar agar mendapatkan prestasi yang membanggakan disekolah, maka dilakukan dengan cara mengapresiasikan lewat pemilihan siswa berprestasi agar siswa lebih semangat dan tekun dalam menuntut ilmu. Pemilihan siswa-siswi berprestasi tentu didasarkan dengan suatu kemampuan dan perilaku yang dimiliki siswa supaya mendapatkan kandidat yang sesuai dengan yang diharapkan. Dalam hal ini dihadapkan pada permasalahan untuk mengambil suatu keputusan siapa yang bisa mendapat predikat berprestasi karena belum ada metode yang tepat dalam mengambil suatu keputusan. Selama ini proses masih dilakukan secara manual sehingga pengambil keputusan menjadi tidak efektif dan efisien, yang dapat meimbulkan peluang terjadinya kesalahan serta membutuhkan waktu lama dan memungkinkan terpilihnya siswa yang belum memenuhi standar. Dalam perhitungan penulis menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), metode ini cocok digunakan untuk perhitungan yang akurat dan sangat membantu dalam proses perhitungan setiap data yang diperoleh pada skripsi ini.
Perbandingan Metode Random Forest Dan Naïve Bayes Dalam Prediksi Keberhasilan Klien Telemarketing Ricky Leonardo; Janis Pratama; Chrisnatalis Chrisnatalis
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) Vol. 3 No. 2 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 2 Oktober 2020
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jutikomp.v%vi%i.1321

Abstract

Telemarketing adalah salah satu metode promosi menggunakan media media telepon. Salah satu contoh dari penggunaan telemarketing ada pada bank seperti promosi deposito. Perlu dilakukan prediksi terhadap keputusan klien terhadap telemarketing untuk membantu kinerja telemarketing. Pada penelitian ini, data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari website Machine Learning UCI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Naïve Bayes, dan Random Forest. Sebelum melakukan pelatihan dan pengujian, dilakukan praproses data terhadap data-data tersebut. Metode praproses yang digunakan adalah normalisasi data, pengubahan data kategori. Setelah melakukan pengujian, dapat disimpulkan bahwa Algoritma Random Forest lebih tepat digunakan untuk kasus prediksi keputusan klien. Hal ini terlihat dimana akurasi yang didapatkan adalah 90%, dimana lebih tinggi 5% dibandingkan algoritma Naïve Bayes. Nilai dari AUC dari algoritma Random Forest adalah 0.97 dimana lebih tinggi 1,3 dibandingkan algoritma Naïve Bayes.
APLIKASI KRIPTOGRAFI DALAM MENGAMANKAN PESAN TEKS DENGAN METODE ALGORITMA RC4 BERBASIS ANDROID Ratna Dewi; Johan Johan; Imam Muslem
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) Vol. 3 No. 1 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 1 April 2020
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jutikomp.v%vi%i.1332

Abstract

Perkembangan teknologi telekomunikasi pada saat ini semakin canggih sehingga dapat membantu kegiatan sehari-hari. Salah satu contoh media komunikasi short service message (SMS), yang dapat melakukan berbagai teknik pengambilan informasi baik legal maupun illegal. Berbagai teknik perlindungan informasi yang dirahasiakan dari yang tidak berhak telah dikembangkan untuk melindungi informasi. Kriptongrafi adalah teknik penulisan pesan rahasia agar oarang tidak dapat mengetahui. Algoritma RC4 adalah salah satu teknik yang digunakan untuk membuat pesan rahasia dengan teknik enkripsi dan dekripsi pesan.Penelitian ini bertujuan utuk merancang suatu aplikasi kriptongrafi dalam pengamanan pesan teks, yang diimplementasikan pada perangkat mobile berbasis android. Aplikasi ini dikembangkan dengan aplikasi eclipsedan teknik kriptongrafinya dikembangkan dengan algoritma Rivest Code 4 (RC4).
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS LOKASI PERBAIKAN JALAN DENGAN METODE PROFILE MATCHING STUDY KASUS PADA DINAS BINA MARGA CIPTA KARYA DAN PERUMAHAN RAKYAT KABUPATEN BIREUEN Rauzatul Fauzah; Iqbal Iqbal
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) Vol. 3 No. 1 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 1 April 2020
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jutikomp.v%vi%i.1333

Abstract

Sistem pendukung keputusan sebagai sebuah sistem berbasis komputer yang dapat membantu pengambilan keputusan melalui data-data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Sistem pendukung keputusan dalam dunia komputerisasi berkembang pesat, dengan sistem ini manusia dapat memperoleh informasi dalam pengambilan keputusan. Sistem pendukung keputusan atau dikenal dengan SPK merupakan bagian dari sistem informasi yang berbasis komputer. Terdapat beberapa tahapan dalam sistem pendukung keputusan yaitu mendifinisakan masalah, pengumpulan data yang relevan dan sesuai, pengolahan data menjadi informasi, dan menentukan alatenatif solusi untuk menyelesaikan masalah.Saat ini kondisi jalan yang berada di Kabupaten Bireuen tidak semuanya dalam keadaan baik. Dimana kerusakan tersebut bervariasi mulai dari rusak sedang hingga rusak berat. Untuk membantu Dinas Bina Marga Cipta Karya Dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bireuen dapat dilakukan dengan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode profile matching. Penelitian ini menggunakan metode profile matching dalam sistem pendukung keputusan ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan penentuan prioritas lokasi perbaikan jalan yang menjadi bahan pertimbangan bagi pihak dinas bina marga cipta karya dan perumahan rakyat kabupaten Bireuen. Kriteria yang digunakan pada sistem pendukung keputusan penentuan prioritas lokasi perbaikan jalan adalah : kondisi jalan, fungsi jalan, pengguna jalan, dan permukaan jalan.
SISTEM REKOMENDASI FILM DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY SEMANTIK Abdullah Muhazir; Fachrul Rozi
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) Vol. 3 No. 2 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 2 Oktober 2020
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jutikomp.v%vi%i.1339

Abstract

Metode yang sering digunakan dalam sistem rekomendasi adalah metode collaborative filtering.Namun, metode collaborative filtering memiliki masalah sparsity dan cold start.Masalah sparsity muncul ketika jumlah rating yang diperoleh masih sedikit dan tidak cukup ketika dibandingkan dengan jumlah rating yang akan diprediksi. Sementara itu, masalah cold start merujuk ke dua masalah berbeda namun saling berhubungan, yaitu user baru dan item baru. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, akan digunakan algoritma rekomendasi fuzzy semantikyang mengintegrasikan teknik item-based fuzzy semantic similarity dan item-based fuzzycollaborative filtering (CF) similarity untuk meningkatkan performansi dari proses rekomendasi. Teknik item-based fuzzy semantic similarityakan menganalisis kumpulan film yang telah diberi rating oleh user berdasarkan pada matriks rating user-item dan menghitung kemiripannya dengan film baru dalam sistem dan memilih k buah film yang paling mirip. Sementara itu, teknik item-based fuzzycollaborative filtering (CF) similarity menggambarkan derajat hubungan antara item berdasarkan rating semantik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang menerapkan metode Fuzzy Semantik untuk memberikan rekomendasi film kepada pemakai. Sistem yang dibuat menyediakan berbagai fasilitas bagi pemakai dalam melakukan penambahan dan pengubahan data film, memberikan rating film serta memperoleh rekomendasi film. Selain itu, aplikasi juga menyediakan sebuah fasilitas pengujian terhadap metode Fuzzy Semantik.
Rancangan Sistem Video Conference e-Learning di Universitas Hararapan Medan Edy Rahman Syahputra; Nurindah Anggraini
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) Vol. 3 No. 2 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 2 Oktober 2020
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jutikomp.v%vi%i.1360

Abstract

Pembelajaran secara elektronik (e-learning) digunakan untuk proses pembelajaran jarak jauh. Di Univerisitas Harapan Medan sendiri selama ini perkuliahan dilaksanakan secara langsung tatap muka. Dengan adanya masa pandemic ini, UnHar Medan memerlukan aplikasi yang dapat memfasilitasi proses perkuliahan secara online. Apliaksi e-learning yang dibangun berbasis web dengan menerapkan metode spiral. Untuk mefasilitasi dosen dan mahasiswa agar dapat berinteraksi dibuthkan penambahan fitur video conference didalam aplikasi. Hasil peneltian ini tersedianya aplikasi e-learning yang dibangun dengan menerapakan metode spiral dan berfungsi dengan baik. Dengan adanya aplikasi e-learning ini dapat membantu para dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Harapan Medan dalam melaksanakan perkuliahan secara online. Dengan adanya fitur tambahan berupa video conference pada aplikasi dapat memudahkan interaksi antara Dosen dan Mahasiswa. Pemanfaatan menu video conference masih terbatas jumlah room yang tersedia.
Peningkatan Kompetensi Usaha Mikro Kecil Menengah Menjadi Eksportir dengan Memanfaatkan Aplikasi e-Learning Edy Rahman Syahputra; Nurul Maulidha; Yanty Faradilla Siahaan; Fachrul Rozi Lubis
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) Vol. 3 No. 2 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 2 Oktober 2020
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jutikomp.v%vi%i.1362

Abstract

Perkembangan jumlah unit usaha kecil menengah yang terus meningkat, tentunya akan dapat membuka peluang lapangan kerja yang besar. UMKM menjadi penyokong dalam sistem ekonomi rakyat, yang dimaksudkan untuk mengurangi permasalahan kemiskinan. Hasil produk dari pelaku UMKM saat ini sudah banyak yang merambah pasar dunia internasional. Di Indonesia sendiri eksportir masih sangat dibutuhkan, seorang eksportir haruslah memiliki kemampuan atau kompetensi dalam melakukan aktivitas pengiriman komoditas menuju negara lain yang baik, bagaimanan kebutuhan situasi dan kondisi manajemen penjualan, dan fungsi manajemen baik berupa produk dan jasa. Untuk melahirkan eksportir yang kompeten, dibutuhkan pembelajaran secara berkesinambungan, dan didukung fasilitas belajar. Untuk mendungkung fasilitas pembelajaran dan peningkatan kompetensi para pelaku UMKM dibutuhkan media yang berbasis teknologi. E-learning merupakan teknologi berkembang di dunia Pendidikan. Aplikasi e-learning sudah banyak di gunakan dan dikembangkan untuk berbagai sector Pendidikan. Untuk itu peneliti mengembangkan aplikasi e-learning dengan berbasis web untuk peningkatan kemampuan kompetensi para pelaku UMKM. Aplikasi yang dibangun berbasis web dan untuk pengukuran efektifitasnya digunakan metode UTAUT. Hasil penelitian menunjukan aplikasi e-learning yang dibangun berjalan dengan baik tanpa ditemukan error pada saat di uji coba dengan black box. Aplikasi e-learning ini sangat membantu para pelaku UMKM dalam belajar menjadi eksportir.
APLIKASI PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL Vionika Sari br Tarigan; Junika Napitupulu; Jamaluddin Jamaluddin; Marlyna Infryanty Hutapea
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) Vol. 3 No. 2 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 2 Oktober 2020
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jutikomp.v%vi%i.1364

Abstract

Kemajuan teknologi yang tidak terbendung sekarang ini sudah hampir terserap merata ke dalam berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Hal ini juga memicu adanya pergeseran budaya, kebiasaan, dan perilaku. Permainan tradisional yang sudah diwariskan turun temurun memiliki berbagai peran pendidikan yang saat ini kita lihat pada generasi muda yang tumbuh dengan permainan modern. . Berawal dari gagasan inilah tercetus ide perancangan yang mampu menghubungkan permainan tradisional dan permainan modern. Penggabungan tradisi beda generasi ini bukanlah tidak mungkin terjadi. Dengan memanfaatkan media modern yang lebih personal dan interaktif, mengajak, menginformasikan, dan mendidik bisa jadi jauh lebih menarik. Dalam aplikasi pengenalan permainan tradisional ini terdapat berbagai ajakan, informasi, serta berbagai fasilitas lain yang mampu memfasilitasi generasi modern untuk melihat kembali, betapa menyenangkannya permainan yang mereka belum banyak tahu hingga kini.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN EVALUASI LOKET PEMESANAN TIKET PO MEDAN JAYA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS Ahmad Zakir; M Syahrir Bayudi; Nurjamiah Nurjamiah
JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) Vol. 3 No. 2 (2020): Jutikomp Volume 3 Nomor 2 Oktober 2020
Publisher : Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/jutikomp.v%vi%i.1376

Abstract

Abstrak-Pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis pada hakekat suatu masalah, pengumpulan fakta-fakta, penentuan yang matang dari alternatif-alternatif yang dihadapi, dan pengambilan tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling tepat. Pembuat keputusan kerap dihadapkan pada kerumitan dan lingkup pengambilan keputusan dengan data yang begitu banyak. PO Medan Jaya mengalami permasalahan dimana masih kurangnya efektifitas dan efesiensi dalam pencarian data dan informasi yang di perlukan untuk melakukan evaluasi penentuan loket yang berpotensi. Untuk menangani permasalahan tersebut maka dibuat sistem pendukung keputusan berbasis website. Dalam penerapan ini, dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, serta menggunakan metode clustering k-mens. Dari data yang diolah dengan sampel data yang diambil PO Medan Jaya, maka menghasilkan dua jenis kelompok data yaitu loket yang berpotensi dan kurang berpotensi, sehingga dengan adanya pengelompokkan data ini pihak PO Medan Jaya dapat mengetahui loket mana yang lebih berpotensi. Dengan adanya sistem pendukung keputusan menggunakan k-means, maka sistem dapat memenuhi kebutuhan pengelompokan data pada PO Medan Jaya secara efektif dan efisien memberikan kemudahan menganalisis pengelompokan data. Sehingga pimpinan dapat melakukan evaluasi dengan baik terhadap informasi yang di dapat.

Page 1 of 10 | Total Record : 97