Jurnal Sains dan Kesehatan
Vol. 3 No. 4 (2021): Jurnal Sains dan Kesehatan

Efek Penghambatan Ekspresi ER? Bebas oleh Fraksi n-Butanol Daun Semanggi (Marsilea crenata Presl.) pada Sel hFOB 1.19: Inhibitory Effect of Free-ER? Expression by n-Butanol Fraction of Semanggi (Marsilea crenata Presl.) Leaves on hFOB 1.19 Cells

Burhan Ma’arif (Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Indonesia)
Agnis Pondineka Ria Aditama (Farmasi, Akademi Farmasi Jember, Jember, Indonesia)
Faisal Akhmal Muslikh (Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Indonesia)
Dewi Perwito Sari (Program Studi Farmasi, Fakultas Sains dan Kesehatan, Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya, Indonesia)
Ira Purbosari (Program Studi Farmasi, Fakultas Sains dan Kesehatan, Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya, Indonesia)
Hening Laswati (Departemen Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)
Mangestuti Agil (5Departemen Farmasi Sains, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Wanita pascamenopause dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, diantaranya adalah osteoporosis yang diakibatkan karena gangguan produksi hormon estrogen dalam tubuh. Salah satu alternatif yang muncul dan berpotensi untuk menggantikan hormon estrogen adalah fitoestrogen. Daun M. crenata diketahui mengandung senyawa fitoestrogen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fraksi n-Butanol daun M. crenata dalam meningkatkan aktivitas osteoblas pada proses pembentukan tulang terhadap sel hFOB 1.19. Penelitian ini menggunakan metode ICC dengan bantuan instrumen CLSM. Penelitian ini dilakukan dengan pemberian fraksi n-Butanol dengan varian konsentrasi62,5; 125; dan 250 ppm, serta pemberian genistein sebagai kontrol positif pada sel hFOB 1.19. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fraksi n-Butanol daun M. crenata memiliki kandungan senyawa estrogenik sebagai agen untuk meningkatkan aktivitas osteoblas melalui penurunan ekspresi ER? bebas sel hFOB 1.19 dan konsentrasi 62,5 ppm sebagai konsentrasi optimal dengan nilai ekspresi 594.108 AU.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Sains dan Kesehatan (J. Sains. Kes) (e-ISSN 2407-6082, p-ISSN 2303-0267), is a national journal with ISSN and published four times a year in 2015. In 2016 the publishing frequency changed to twice a year. In 2021 the frequency increased to six times a year. Jurnal Sains dan Kesehatan is ...