Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 4, No 1 (2022): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Visual

Nailul Himmi (Universitas Riau Kepulauan)
Pitri Supiati (Universitas Riau Kepulauan)
Asmaul Husna (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk menjelaskan kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan gaya belajar visual. Intrumen diadaptasi dari soal PISA sebanyak 6 essay test. Jenis penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Jumlah populasi sebesar 25siswa dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan pengkategorian siswa dengan gaya belajar visual sejumlah 12siswa. Teknik analisis menggunakan teori Milles and Hubberman. Dari hasil penelitian diperoleh informasi literasi matematisyang berdasarkan pengkategorian gaya belajar secara visual di level 1-5 dengan rata-rata sebesar 75. Dimana persentase terbesar siswa berada pada level 2 yaitu 83.3%. Adapun permasalahannyasiswakesulitan untuk dalam mengkonversikan satuan, menentukan rumus yang tepat, memproses perhitungan dengan baik dan benar serta dalam pengolahan informasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

VoJ

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan ...