JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 7, No 1 (2021): JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru

Nur Ihwani (SDN 35 Rantau Bayur)
Yasir Arafat (Universitas PGRI Palembang)
Andi Arif Setiawan (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi dan motivasi kerja baik secara stimultan maupun secara parsial terhadap kinerja guru di SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tehnik penentuan sampel dilakukan dengan cara non random sampling yaitu sampel langsung dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dan diolah secara statistik menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel sertifikasi (X1) terhadap variabel (Y) dengan nilai persamaan X1 terhadap Y sama dengan 3,283 2,018; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X2 terhadap Y dimana nilai persamaan antara X2 terhadap Y sama dengan 4,630 2,018., dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara sertifikasi dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja yang dapat hasil uji f secara stimultan menunjukkan nilai persamaan X1, X2 terhadap Y sama dengan 52,329 3,21. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

journalcahayapendidikan

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal Cahaya Pendidikan (JCP) adalah media publikasi ilmiah di bidang ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan secara umum. JCP bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian terkini atau inovasi baru di bidang pendidikan, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan. ...